Sebut Invasi Rusia Bisa Menahun, NATO Imbau Semangat Dukungan ke Ukraina Jangan Kendur

Sebut Invasi Rusia Bisa Menahun, NATO Imbau Semangat Dukungan ke Ukraina Jangan Kendur

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

JAKARTA (NewsAndalas.com) - Perang di Ukraina diprediksi bisa berlangsung hingga bertahun-tahun. Prediksi itu disampaikan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Dalam wawancaranya dengan surat kabar harian asal Jerman, Bild, seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (19/6/2022). Stoltenberg menyebut perlu menyiapkan banyak hal untuk mengantisipasi prediksi tersebut.

Dia mengatakan jangan sampai semangat dukungan ke Ukraina mengendur. "Kita harus menyiapkan banyak hal untuk bertahun-tahun. Kita tidak boleh mengendurkan dukungan ke Ukraina bahkan bila menghabiskan banyak biaya," ucap Stoltenberg.

"Bukan hanya dukungan militer, kita harus memberi bantuan karena naiknya harga energi dan pangan," imbuhnya.

Sebagai informasi, Rusia telah melakukan invasi ke Ukraina sejak 24 Februari 2022 silam, dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut militer Rusia melakukan 'operasi militer khusus' ke Ukraina.

Putin sangat menentang keinginan Ukraina bergabung dengan aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang dipimpin Amerika Serikat (AS). Moskow menganggap NATO sebagai ancaman bagi keamanan wilayahnya.

Sumber: detik.com