Megawati Bakal Pecat Kader PDIP Main Dua Kaki, Peringatan untuk Ganjar Pranowo?

Megawati Bakal Pecat Kader PDIP Main Dua Kaki, Peringatan untuk Ganjar Pranowo?

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang juga kader PDIP diusung Partai Nasdem sebagai capres 2024

JAKARTA (NewsAndalas.com) - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai peringatan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri agar kadernya tidak bermanuver, ditujukan khusus untuk Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Diketahui, Ganjar yang memiliki elektabilitas tinggi berdasarkan ragam hasil survei digadang-gadang menjadi bakal capres untuk 2024.

"Secara umum kader PDIP yang menonjol bermanuver sekaligus menunjukkan kegenitan politik, adalah Ganjar Pranowo, dan memang gestur Ganjar menunjukkan ketidaksetiaan. Ini barangkali yang dimaksud Megawati," ujar Dedi, Selasa (21/6/2022).

Dedi menuturkan, PDIP sebagai parpol berbasis kader, tentu sangat anti terhadap manuver kader yang tidak patuh dan tunduk pada garis instruksi parpol.

Dari situasi tersebut, Dedi melanjutkan, dapat dibaca, Megawati merestui tokoh yang miliki tingkat kesetiaan tinggi dalam kandidat Pilpres 2024. "Dan itu secara jelas adalah Puan Maharani," sebutnya.

Namun, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menepis anggapan, teguran keras Megawati Soekarnoputri terhadap kadernya ditujukan untuk Ganjar Pranowo. Menurutnya, teguran Megawati bukan ditujukan untuk orang per orang.

"Enggak ada, saat ini tidak. Kalau mungkin saya bisa mengatakan, ini tidak ditujukan untuk orang per orang atau oknum individu-individu, ini disampaikan secara menyeluruh pada semua kader yang hadir saat ini luring ataupun daring, sayapun di situ sebagai kader di situ. Jadi ya nggak ada tujuan ke mana-mana," bantah Puan.

Puan menegaskan PDIP saat ini solid. Rakernas juga dihadiri oleh kepala daerah dari PDIP, fraksi di DPR serta struktur partai. "Jadi nggak ada ini ditujukan untuk si A, si B, si C, terus baper. Enggak ada ya, kita seperti inilah PDIP dalam membangun soliditas, kalau kemudian ketum agak marah misalnya, itu membangun semangat dalam arti seorang ibu kepada anak-anak," yakinnya.

"Jadi nggak ada dimarahin ini punya ini, itu ada salah, nggak ada. Kita sama-sama membangun soliditas ini sebagai satu keluarga besar PDIP," tambahnya.

Di Rakernas II PDIP, Ganjar Pranowo pun terlihat hadir. Jelang pembukaan rakernas hari ini, Ganjar dan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Bambang Wuryanto terlihat bersalaman dan melakukan salam komando.

Diberitakan sebelumnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menekankan, tidak boleh kader PDI Perjuangan bermain 'dua kaki'. Ia meminta kader yang melakukan manuver politik supaya keluar atau dipecat.

Hal itu disampaikan saat Rakernas II PDIP di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (21/6/2022). Megawati juga geram dengan adanya upaya memutar balikkan keputusan kongres partai.

Megawati tegaskan, dalam keputusan Kongres V PDIP, Ketum partai punya hak prerogatif. Cuma Ketum yang bisa menentukan calon presiden (Capres) dari PDI Perjuangan. "Ingat lho! Lebih baik keluar deh. Lebih baik keluar deh, daripada saya pecat-pecati lho kamu, saya pecati lho," tegas Megawati lagi.

Sumber: halloriau.com