Mau Jalan-jalan ke Surabaya? Jangan Lupa Singgah ke 5 Rekomendasi Wisata Ini

Mau Jalan-jalan ke Surabaya? Jangan Lupa Singgah ke 5 Rekomendasi Wisata Ini

Jika datang ke suatu daerah, belum puas rasanya jika belum mengunjungi destinasi wisatanya yang patut untuk dikunjungi

JAKARTA (NewsAndalas.com) - Jika datang ke suatu daerah, belum puas rasanya jika belum mengunjungi destinasi wisatanya yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya Surabaya.

Ibu kota Provinsi Jawa Timur itu memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata religi, hingga wisata sejarah.

Bagi kamu yang ingin datang ke Surabaya, berikut ini lima rekomendasi wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi seperti dilansir dari Tempo.co.

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan salah satu rekomendasi objek wisata di Surabaya. Objek wisata ini termasuk wisata sejarah sekaligus menjadi lambang bagi Kota Surabaya. Pembangunan tugu ini bertujuan untuk mengenang korban yang tewas dalam Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

2. Hutan Bambu Keputih

Apabila ingin merasakan ekowisata di dalam kota, maka Hutan Bambu Keputih dapat dijadikan rekomendasi. Dikutip repository.unair.ac.id, destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Sebelum dijadikan sebagai objek wisata, dulu lokasi Hutan Bambu Keputih adalah bekas tempat pembuangan akhir (TPA). Akhirnya, pada 2000-an, Pemerintah Kota Surabaya menyulapnya menjadi ruang terbuka hijau di tengah kota sekaligus tempat melestarikan hutan bambu.

3. Museum House of Sampoerna

Dilansir bappeko.surabaya.go.id, Museum House of Samporna berlokasi di Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya. Museum ini dahulunya merupakan sebuah pabrik rokok merek Sampoerna yang dibangun pada 1862. Saat ini, bangunan ini termasuk dalam situs sejarah yang dilestarikan di Surabaya.

4. Patung Suro dan Boyo

Patung Suro dan Boyo merupakan simbol ikonik dari Kota Surabaya yang terdiri atas ikan sura (hiu) dan baya (buaya) yang dikelilingi oleh rumput laut. Patung ini memiliki tinggi 25 meter yang berlokasi di Taman Suroboyo. Layaknya Tugu Jogja di Yogyakarta dan Monumen Nasional di Jakarta, rasanya tidak afdol bagi wisatawan yang datang ke Surabaya tanpa mengunjungi Patung Suro dan Boyo ini.

5. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan salah satu kebun binatang yang cukup populer di Indonesia. Melansir surabayazoo.co.id, objek wisata ini cocok bagi pengunjung yang hendak melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa-satwa. Setidaknya ada lebih dari 2.236 binatang di kebun binatang ini, termasuk mamalia, aves, reptilia, dan pisces. (MI)