Erick Tohir Kandidat Cawapres Paling Unggul di Jatim

Erick Tohir Kandidat Cawapres Paling Unggul di Jatim

Erick Tohir

JAKARTA (NewsAndalas.com) - Erick Thohir menjadi satu-satunya dari lima figur potensial yang mampu meningkatkan elektabilitasnya sebagai calon wakil presiden (cawapres) secara gradual. Hal ini tergambar dalam hasil Survei Provinsi Poltracking Indonesia bertajuk "Peta Elektoral Pilkada dan Pilpres di Jawa Timur (Jatim) 2024" pada Rabu (21/6).

Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan, elektabilitas Erick di Jawa Timur melesat 8,2 persen dari 10,8 persen pada Februari 2022 menjadi 19,1 persen pada Mei 2022. Dalam simulasi 15 nama cawapres pilihan warga Jatim, Erick meraih 14,2 persen unggul atas Khofifah di posisi kedua dengan 13,7 persen. Keduanya jauh mengungguli Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berada di posisi ketiga dengan 7,4 persen.

Sementara itu, elektabilitas nama-nama lain, seperti Sandiaga Uno, Puan Maharani, Tri Rismaharini, Ridwan Kamil, hingga Mahfud MD yang berada di bawah lima persen. Erick dan Khofifah pun kembali unggul jauh dalam simulasi sembilan nama cawapres pilihan warga Jatim.

Khofifah meraih 17,9 persen atau unggul tipis atas Erick yang mendapat 17,2 persen. Di bawah keduanya, ada AHY dengan 9,0 persen, Sandiaga Uno dengan 6,4 persen, dan Mahfud MD dengan 6,1 persen.

"Dua ini kandidat cawapres terkuat di Jatim dan sangat dominan menurut publik Jatim. Ini data yang kami olah dan potret lapangan terhadap 1.000 responden. Ini penting bagi partai untuk menentukan cawapres dari dua nama ini dan juga bagi pemilih," ujar Arya saat rilis Survei Provinsi Poltracking Indonesia bertajuk "Peta Elektoral Pilkada dan Pilpres di Jawa Timur 2024" pada Rabu (22/6).

Arya menilai peningkatan ini sejalan dengan masifnya narasi di media bahwa Erick menjadi salah satu figur yang dipertimbangkan sebagai sosok ideal menjadi wakil presiden. Baik dipasangkan dengan Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Menurut Arya, Erick juga menjadi sosok cawapres dengan kontribusi terbesar saat dipasangkan dengan siapa pun.

Dalam simulasi tiga paslon, pasangan Ganjar-Erick mendominasi dengan 38,1 persen dibandingkan pasangan Prabowo-Puan yang hanya 19,4 persen dan Anies-AHY dengan 11,2 persen. "Pasangan Ganjar-Erick jauh unggul dan sangat kuat. Selera publik di Jatim seperti ini," ujar Arya.

Ia menyampaikan, tren elektabilitas Erick sebagai cawapres juga mengalami kenaikan signifikan pada pemilih tiga parpol terbesar di Jatim. Arya memaparkan, elektabilitas Erick menjadi cawapres mengalami peningkatan yang gradual dari November 2021 hingga Mei 2022 pada pemilih PDIP, Gerindra, dan PKB Jawa Timur. 

"Pada pemilih parpol Koalisi Indonesia Bersatu di Jatim, elektabilitas Erick sebagai cawapres mulai mengalami peningkatan yang gradual, kecuali di pemilih PAN Jawa Timur yang fluktuatif," ujarnya.

Arya mengatakan, elektabilitas Erick sebagai cawapres meningkat sedikit pada periode Novermber 2021 hingga Februari 2022, lalu meningkat tajam pada Mei 2022 untuk pemilih Demokrat di Jatim. Sedangkan, elektabilitas Erick pada pemilih Nasdem Jatim mengalami fluktuasi pada tiga survei yang pernah dilakukan.

Survei Poltracking Indonesia Provinsi Jatim digelar pada periode 16-22 Mei 2022. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Sumber: republika.co.id