Bersama Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Capella Honda Riau Ajak Mahasiswa Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru jadi Generasi #Cari_Aman untuk Indonesia

Bersama Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Capella Honda Riau Ajak Mahasiswa Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru jadi Generasi #Cari_Aman untuk Indonesia

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau bersama para mahasiswa Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru usai seminar safety riding Generasi #Cari_Aman untuk Indonesia

PEKANBARU (NewsAndalas.com) - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau kembali menggelar kegiatan seminar tentang keselamatan berkendara yang diikuti sejumlah mahasiswa/i Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seminar safety riding secara offline bertajuk 'Generasi #Cari_Aman untuk Indonesia' ini diikuti sekitar 50 mahasiswa/i Politeknik LP3i Kampus Pekanbaru. Kegiatan seminar safety riding ini juga digelar serentak di seluruh Indonesia.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru, AKP Angga Wahyu Prihantoro S.SOS.S.I.K mengatakan, ini penting, karena kita juga mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli tentang keselamatan berkendara. Karena semua memiliki hak di jalan raya, baik itu pejalan kaki, pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil.

"Hal yang perlu diperhatikan dalam safety riding, manajemen waktu, kelengkapan berkendara. Menggunakan helm, saat terjadi kecelakaan bisa mengurangi hingga 80 persen fatalitas cidera," kata Angga saat menghadiri seminar safety riding di Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu, Angga juga mengingatkan mahasiswa untuk tidak ugal-ugalan saat berkendara, terutama menggunakan handphone saat berkendara. "Menggunakan handphone sambil berkendara membahayakan, apalagi sampai buat konten sambil berkendara. Kita harus bijak berkendara," tambahnya.

Zulyandri selaku Praktisi K3 & Job Placement Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru dalam kesempatan itu menyampaikan tentang etika dalam berkendara di jalan raya. "Selain mempersiapkan kendaraan, kita juga harus fokus dalam berkendara dengan mengikuti aturan lalu lintas," sebut Zulyandri.

Sebelum penyampaian materi peserta diajak mengikuti Pree Test online guna mengetahui kemampuan terkait ilmu keselamatan berkendara, para peserta sangat antusias mengikutinya.

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Arif Rahman Hakim dalam materinya menyampaikan 3 faktor penyebab kecelakaan antara lain manusia, kendaraan dan lingkungan dimana faktor manusia adalah faktor utama penyebab kecelakaan di angka 90 persen dan selebihnya adalah kendaraan 7 persen, lingkungan 3 persen.

"Selain itu, basic skill juga sangatlah penting dalam mengurangi  resiko kecelakaan seperti perlengkapan berkendara, pemeriksaan kendaraan, teknik menikung, mengerem, postur berkendara, postur berboncengan, teknik memprediksi bahaya saat berkendara di jalan raya dan arti slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_aman," paparnya.

Arif menambahkan, pihaknya tetap aktif menemani masyarakat dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang aman dan sehat di masa pandemi. Selain penyampaian materi Instruktur Safety Riding juga mengajak peserta untuk memperaktekkan teknik postur berkendara dan postur berboncengan yang aman dan selamat saat mengendarai.

Selain Sertifikat dalam kegiatan seminar safety riding ini peserta wajib mengikuti kuis twebone berhadiah pulsa untuk sepuluh peserta beruntung, hal ini menambah antusiasme peserta 

Terpisah, Jonny Winata selaku Sales Dept. Head CDN Riau mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen AHM dan CDN Riau dalam menyebarkan ilmu keselamatan berkendara serta memperkenalkan slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_aman kepada masyarakat.

"Harapannya dengan kegiatan seminar safety riding ini dapat memberikan wawasan serta pemahaman bagi mahasiswa tentang ilmu keselamatan berkendara serta menjadi duta keselamatan bagi lingkungan keluarga, kampus serta masyarakat sekitar. Tentunya masa Pandemi ini para mahasiswa dapat menjadi generasi #Cari_Aman untuk Indonesia," pungkasnya.(kah)